PEMBICARA:
Tgl 13 Mei 2014: Ust. Asep Shalahudin, S.Ag.,M.Pd.I.
Tgl 14 Mei 2014: Ust. NajmuTsaqib M.A.
Adapun Materi di bawah i
INOVASI
PENDIDIKAN DAN KURIKULUM PESANTREN
OLEH: Najmu Tsaqib Akhda
•A
brief history of Pesantren
•Dulu
•Mandala
(Halaqah)
•Ngaji di Langgar
•Mbabat Alas
•Asrama
(Funduq)
•Dididik oleh Kyai langsung
•
•Kurikulum (Bruinessen, 1994)
•Yang
berpengaruh ada Syekh Nawawi, K. Mahfudz Termaz, K. Sholeh Darat dll.
•Fiqh: Taqrib (16 M)
•Jurumiyah, Fiqh, Aqidah (18 M)
•Mulai berkembang Ushul Fiqh dan Hadits (tren 19 M)
•
•
•
•Perkembangan (Dhofier, 1980)
•Berkembangnya madrasah (1910)
•Asrama
santri putri
•Mulai diajarkan mata pelajaran umum seperti Matematika, bahasa, ilmu bumi (1920)
•
•
•Sekarang
•Santri, Pengurus pondok dan Kyai / Direktur / Ketua yayasan.
•Pesantren saja
•Pesantren + Madrasah
•Pesantren + sekolah/kuliah di luar
•Kondisi Pendidikan Pesantren Sekarang
•
•Fenomena sekarang
•Santri pergi tanpa ijin
•Mencuri
•Pacaran
•HP
•Ngaji kurang semangat
•Sulit dibangunkan
•Prestasi sekolah jeblok
•Kurang prihatin
•Evaluasi Pendidikan
•Tujuan
•Metode
•Guru
•Siswa
•Sarana
•Materi
•Alat
•Skema Pembelajaran
•
•Tujuan
•Wawasan keagamaan
•Pembangunan karakter
•Sekolah yes, pesantren yes
•Kader
dakwah
•Penggerak masyarakat
•Hafal Quran Hadits
•Ahli Fiqh
•Ahli Bahasa
•
•Santri
•Masing-masing santri punya gaya belajar yang berbeda
•Kegiatan juga berbeda
•Perlu penanganan yang dinamis
•
•Metode Pembelajaran
•Bandongan
•Sorogan
•Musyawarah/ Diskusi
•Presentasi
•Praktek
•Materi
•Fiqh, Akidah, Tafsir, Akhlaq, Sejarah, Nahwu dll
•Sumber bacaan: perpustakaan, e book, e journal.
•Waktu
•Pagi,
Siang, Sore, Malam
•Apakah sudah memenuhi target pembelajaran?
•Pengajar
•Bisyaroh masih rendah
•Lebih banyak pengabdian
•Reward akan lebih meningkatkan kinerja pengajar
•
•Evaluasi
•Output
•Apakah santri nyaman tidak?
•Sudahkah sesuai dengan tujuan awal
•Adakah keterpaduan antar stakeholder pesantren
•Komponen di Pesantren
•Selanjutnya bagaimana?
•Adanya evaluasi rutin
•Kerjasama dengan diknas maupun kemenag
•Silaturahmi antar pesantren
•Optimalisasi SDM
•Keberanian untuk melakukan gebrakan
•Sekedar saran
•Komunikasi dua arah
•Mapping kemampuan santri
•Kajian mendalam ilmu pesantren
•Kontekstualisasi
•Memberi contoh
•
Tidak ada komentar:
Posting Komentar